blog ini berisi hasil bacaan, hasil browsing, hasil diskusi, tulisan-tulisan baik jurnal ataupun tulisan lepas lainnya semoga blog ini bisa menjadi referensi buat tmn2 yg membutuhkan pengetahuan.... karena jgn pernah membatasi diri untuk mencari ilmu... karena sebuah kebodohan jika ilmu di batasi...

Rabu, 02 Mei 2012

coretan seorang demonstran


Mahasiswa adalah agen perubahan, control sosial dan gerakan moral, mahasiswa adalah kaum intelektual yang selalu membela atas nama kepentingan rakyat, itu adalah kata-kata yang sering saya dengar sewaktu pertama kali saya menginjakkan kaki di dunia kampus, khususnya di kampus merah Universitas Hasanuddin.  Paradigma berfikir mulai di konstruksi mulai dari tataran ide dan berlanjut pada sikap dan perbuatan. Mungkin saya adalah salah satu orang yang beruntung dapat merasakan langsung suasana yang sangat saya sukai, penuh diskusi, penuh retorika, penuh dinamika dan penuh dengan orang-orang yang slalu membahas hal yang berbau sosial dan politik, ya.. saya kebetulan menuntut ilmu di langit orange HIMAPEM di Ilmu Pemerintahan, bumi biru kuning fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik di kampus merah Universitas Hasanuddin!!
Tak usah berpanjang lebar  … langsung saja kita bercerita mengenai aksi penolakan BBM
Isu kenaikan BBM adalah sebuah isu yang sangat rawan untuk menimbulkan polemic di masyarakat karena bahan bakar minyak adalah elemen penting dalam aktivitas masyarakat tp saya tdk mau membahas masalah BBM disini tapi sy hnya akan bercerita mengenai aksi yang sy ikuti dan kebetulan saya ikut terlibat aktif di dalam perencanaan aksi tersebut
Masih saya ingat jelas pada tanggal 19 maret 2012 saya mendapat sms pada sore hari bahwa akan diadakan konsilidasi aksi penolakan kenaikan BBM di FISIP (fak. Ilmu sosial dan  ilmu politik) dan saya langsung bergegas hadir disana kebetulan pada saat itu saya menjabat mentri aksi dan advokasi di himpunan saya HIMAPEM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan) Fisisp, unhas. Lanjut… ketika saya sampai di tempat konsilidasi dsana sudah banyak teman-teman dari fakultas lain yang ada di unhas.. singkat cerita setelah pembahasan isu-isu dan solusi apa yang akan diangkat maka di tentukanlah perangkat aksi.
Keesokan harinya saya mengumpulkan warga himpunan saya untuk sosialisasi aksi, dan pada saat itu saya juga menghadirkan adik-adik saya maba 2011..banyak mereka yang belum memahami betul apa tujuan aksi ini, tetapi saya tetap  ingin mengikutsertakan mereka untuk merasakan suasana demokrasi dan aksi bagi seorang mahasiswa, pada tanggal 21 pagi saya berhasil mengumpulkan massa aksi dari himpunan saya untuk mengikuti aksi di depan pintu 1 unhas, sebelum ke pintu 1 kami berkumpul di tugu tri darma pendidikan dengan massa aksi dari fakultas lain.. disana sudah berkumpul massa aksi dari pria sampai wanita yang semakin membuat meriah massa aksi dengan wajah manis kaum hawa yang memakai almamater merah kebanggaan kami.
Aksi pun kami mulai dengan menutup jalan dengan jumlah massa sekitar 200 org, disana ada orang yang betul-betul serius ingin ikut aksi, ada yang ikut-ikutan, di paksa, bahkan ada berharap mendapatkan pasangan dalam aksi ini (memanfaatkan moment).. hahahahah!! Tapi yang paling menggelikkan buat saya adalah mereka yang duduk manis sambil berpegangan tangan dengan pacarnya.. hahahah mungkin dia takut pacarnya di tangkap polisi apabila aksi menjadi cheos!! Wkwkwkwk
Itulah romansa aksi pada tanggal 18, aksi berlangsung secara damai dan kelanjutan romansa pasangan tadi berlanjut ke kampus atau ke kost… hahahah
Setelah aksi itu kami melakukan evaluasi aksi dan memutuskan untuk bergabung dengan front aksi lain yaitu sekber… singkat cerita seusai konsilidasi kami memutuskan untuk melakukan aksi di flyover pada tanggal 29 maret 2012.
Pada  tanggal 29 pagi kami berkumpul di tugu tri darma pendidikan untuk selanjutnya long march le flyover… dan tidak di duga peserta aksi yang di targetkan hanya seribu ternyata antusias mahasiswa unhas cukup besar ini terbukti dengan terkumpulnya massa hampir 2000 orang dan kegiatan yang semula tidak direstui oleh kampus, akhirnya di beri dukungan dengan hadirnya utusan kampus beserta kendaraan operasioanal serta logistic.
Tepat pukul 12 kami bergerak menuju fly over yang jaraknya sekitar 6 km dari kampus unhas, peserta aksi sangat semangat bahkan alunan lagu perjuangan terus berkumandang untuk membakar semangat peserta aksi, teriakan orator membahana, slogan “unhas bersatu, tak bisa di kalahkan” membahana sepanjang jalan protocol yang kami lalui, masyarakat keluar dari rumah mereka untuk melihat rombongan mahasiswa yang berjubah merah menerangi kota Makassar yang saat itu tengah mendung. Panjang barisan peserta aksi pada saat itu hampir 2 km, dan menutup satu ruas jalan protocol Makassar.
Semangat teman-teman mulai agak menurun di pertengahan jalan, cuaca yang kembali cerah disertai dengan rasa sakit di betis yang serasa mau pecah membuat langkah semakin berat tapi semangat untuk menyuarakan suara rakyat yang merupakan suara tuhan, membuat kami tetap semangat untuk sampai di tempat tujuan.
Akhirnya kami sampai di tempat tujuan di fly over untuk berkumpul dengan massa aksi lainnya… kami beristirahat dulu dan kebetulan saya duduk di rombongan mahasiswi hubungan international fisip unhas. Rasa capek saya seperti terobati dengan melihat wajah-wajah cantik dan manis meraka yang tetap memancarkan pesona walaupun sy tahu persis bahwa mereka juga lelah seperti saya. Pada saat itu di fly over terdapat massa aksi lain tapi tak sebanyak massa unhas yang betul-betul membuat merah fly over. Pada saat aksi berlangsung, banyaknya massa membuat kami sulit mengindentifikasi massa aksi di tambah lagi banyak massa aksi yang lebih memilih berteduh dari sengatan matahari, sambil berkenalan dengan lawan jenis, mungkin mereka berfikir “kapan lagi bs merasakan moment seperti ini, bnyak gadis-gadisnya”, sayang sekali saya tidak bisa mempengaruhi orang yang sangat indah di hati saya untuk mengikuti aksi, mungkin dia takut kecantikannya luntur padahal akan lebih cantik lagi jika dia berdiri di tengah panas matahari untuk berorasi tapi apapun itu dia tetap yang terindah hahaha lebay masa aktivis lebay!! wkwkwkwk (pura2 gila deh)
Hari itu unhas betul-betul bersatu, tidak ada lagi ego fakultas, tidak ada lagi sospol VS tekhnik yang selalu “bersilahtuhrahmi” dengan lemparan batu di “jalur gaza”, tidak ada lagi anak hukum, kesehatan, agro, sastra, ekonomi, mipa… tetapi semua satu dalam almamater merah.
Aksi saat itu berakhir pukul 6, dan di putuskan untuk long march ke kampus tapi di tengah perjalanan banyak peserta aksi yang memilih naik mobil atau naik motor, mungkin disebabkan kondisi fisik yang jauh menurun sehingga sedikit menurunkan semangat, tapi idealisme tetap tak akan luntur sampai kapanpun.. Insya Allah!! Dan saya bangga bisa menjadi bagian dari perancana aksi besar-besaran se unhas yang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan buat saya,, terima kasih kawan2 aksi gerakan 29 maret 2012.. kita adalah bagian sejarah aksi damai unhas dan Makassar saat itu. Hidup Mahasiswa…. Hidup rakyat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar